Nama : Zefanya Leo Cfan
NPM : 1C214659
Kelas : 4EA12
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis (Softskill)
PENDAHULUAN
Teknologi
Informasi berkembang sangat pesat termasuk internet dan membawa dampak yang
besar bagi segala aspek. Internet merupakan sarana yang sangat menunjang dalam
suatu kegiatan masyarakat sehari - hari. Banyak hal baru yang timbul dari
berkembangnya internet tersebut, salah satunya adalah pembelian atau belanja
barang ataupun jasa secara online. Berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian
barang ataupun jasa, penjualan secara online berkembang baik dari segi
pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga popularitas. Dalam dunia bisnis dan
pemasaran, masyarakat dapat memanfaatkan internet sebagai medianya.
Fenomena
menarik yang terdapat beberapa tahun terakhir ini yaitu pemanfaatan internet
pada jejaring sosial (sosial network) seperti instagram, facebook dan twitter
sebagai media usaha. Namun penggunaan website pun tidak kalah menarik, dengan website
dapat mempermudah dalam memasarkan produk dan mengundang banyak masyarakat
untuk mengunjunginya. Untuk dapat menarik minat masyarakat dalam mengunjungi website
sebuah toko online, desain tampilan dari
website dan kemudahan layanan sangat mempengaruhi.
Online
shopping adalah pembelian yang dilakukan via internet sebagai media pemasaran
dengan menggunakan website sebagai katalog. Kelebihan dari online shop adalah Banyak
pilihan took online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan dan proses
belanja yang mudah, cukup memesan barang, pembayaran juga biasanya dapat
melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.
Studi Kasus
Waktu semester 1 (kira-kira 3 tahun yg lalu) teman saya mau beli tas di salah satu akun instagram (ig). Tetapi saat teman saya mengirim pesan ke akun tersebut, akun tersebut lama merespon, dan tiba-tiba ada yang mengirim direct message (dm) ke akun instagram temen saya. Dia ngaku2 reseller dari akun ig yg waktu itu teman saya kontak. Karna waktu itu teman saya liat followersnya banyak dan selalu punya testimoni jadi teman saya ini percaya2 aja. Harga di ig yang dia jual 350 ribuan (sama persis kaya di ig yg mau teman saya beli) beda jauh banget sama di counter, klo di counter bisa 700 ribuan. Karna murah itu jadi teman saya mau dan percaya2 aja. Singkat cerita, jadi sebelum teman saya transfer, dia tanya2 dan dibales dengan cepat, tapi setelah di transfer orangnya engga bales2, dan teman saya berhari2 nungguin tapi engga dibales juga, terus line dan ig teman saya itu di block. Alhasil sampai sekarang barang pun tak kunjung datang.
Dengan
kejadian kasus seperti teman saya diatas bahwa setiap penjual tidak selamanya
jujur dan baik dalam melakukan penjualan terhadap barang yang ia jual. Dan
pastinya hal tersebut pun pasti menjadi pengalaman buruk bagi teman saya yang
akan memikir kembali ketika ingin melakukan pembelian di Online Shop di Instagram.
TEORI
a. Proses Komunikasi
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada
interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif
komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai
berikut :
1. Pengirim
2. Pengkodean (Encoding)
3. Pesan (Massage)
4. Saluran
5. Penerima (Recaiver)
6. Penafsiran kode (Decoding)
7. Umpan balik feedback
b. Unsur – unsur Komunikasi
Komunikasi memiliki 7 unsur utama dan satu
unsur tambahan. Unsur – unsur komunikasi berupa pengirim informasi, proses,
penyandian, pesan, saluran atau media, penafsiran, penerima umpan balik serta
terakhir gangguan atau noise. Berikut penjelasan tentang ketujuh
unsur dan satu unsur tambahan komunikasi berikut :
1. Pengirim
(Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau
informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
2. Pengkodean
(Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan
disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
3. Pesan
(Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau
dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
4. Saluran adalah cara
mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang
diucapkan.
5. Penerima
(Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak
disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
6. Penafsiran
kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan
menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat
penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin
efektif komunikasi yang terjadi.
7. Umpan
balik adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi
pengirim dinyatakan.
8. Gangguan
: Ini merupakan unsur tambahan dalam komunikasi. Noise atau
gangguan merupakan faktor merusak komunikasi. Dengan adanya noises, atau
gangguan, maka dapat terjadi kesalahan dalam komunikasi.
ANALISIS
Jika
dilihat dari kasus teman saya, resiko yang sangat besar harus ditanggung
pembeli saat ingin membeli barang melalui online terlebih di Instagram. Teman saya terlalu cepat mengambil
keputusan untuk membeli barang di Online Shop/Instagram itu, seharusnya sebelum mulai
berbelanja online harus mencari informasi terlebih dahulu apakah online
shop/akun instagram tersebut terpercaya, misalkan kita bertanya-tanya dan meminta pendapat teman terlebih dahulu. Sebaiknya bila kita tidak mudah tergiur dengan harga yang murah terhadap
suatu barang, karena belum tentu barang itu sesuai dengan harapan kita atau yang lebih parahnya lagi akun tersebut hanya modus. Apabila
dilihat dari contoh kasus penipuan diatas terlihat jelas bahwa pelaku sengaja
menipu dan menjebak teman saya dengan daya tarik menawarkan harga murah kepada
pelanggan. Menurut saya kita sebagai pembeli sebaiknya lebih hati-hati terhadap
pembelian online, jangan karena harga yang ditawarkan penjual sangat murah maka
anda dengan mudahnya tergiur. Sebaiknya juga kita melakukan transaksi
menggunakan prinsip pembayaran COD (Cash On Delivery) yaitu bertemu atau bertatap
muka langsung dengan penjual agar meminimalisir kasus penipuan.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar